Penipu di Internet

Penipu di Internet

Awas! Penipu Berkeliaran di Facebook
JAKARTA – Berhati-hatilah terhadap penipuan di situs jejaring sosial Facebook. Kali ini, penipuan mengatasnamakan Sri Devi Shop dan Batam Cell dengan modus menawarkan telepon genggam dan laptop dengan kualitas bagus dan murah.

“Menggunakan Batam karena memang barang yang dijual di Batam terkenal murah dan bagus”, ujar Kasatreskim Cybercrime, AKBP Hermawan, di Balai Wartawan Polda Metro Jaya. Selasa (26/4/2011)

Kepolisian berhasil meringkus pelaku kejahatan via Facebook dengan tersangka bernama AY (27) di daerah Sidrap, Sulawesi Selatan. “Sebenarnya ada tiga, AY sudah kita tangkap dan ada dua DPO lagi yakni S dan DK,” tandas Hermawan.

Hermawan menambahkan, banyak korban dari pelaku kejahatan melalui Facebook mulai dari kalangan warga biasa, mahasiswa, hingga pejabat (camat dan lurah).

“Korbannya dari kalangan bawah sampai atas,” ujarnya.

AY akhirnya dijerat dengan pasal 27 KUHP 378 dan terancam hukuman empat tahun penjara. AY juga dijerat dengan UU ITE dengan ancaman enam tahun penjara.

Barang Baru, Murah, Dapat Bonus Pula…
Pegawai Negri Sipil Dinas Kesehatan Sidrap, Sulawesi Selatan berinisial AY (27) ditangkap polisi terkait kasus penipuan penjualan barang elektronik di facebook yang memakai akun palsu.

Kepala Satuan Cyber Crime Direktorat Kriminal Khusus Ajun Komisaris Besar Hermawan menjelaskan, pelaku menawarkan barang elektronik yang berasal dari Batam dengan harga murah. “Menawarkan barang elektronik dengan harga sangat murah, barang baru, dan dapat bonus,” ujarnya saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (26/4/2011).

Hermawan mengatakan, masih ada dua orang yang menjadi daftar pencarian orang (DPO) oleh pihak kepolisian dan meyakini ini adalah jaringan besar. “S dan DK sudah dibuat DPO, kami kembangkan terus, dan kami yakin ini jaringan besar. Saat ini kami masih mengembangkan,” ujarnya.

Dari kasus itu, Hermawan menambahkan, banyak orang yang menjadi korban penipuan, tapi sejauh ini baru lima orang yang melaporkan ke kepolisian.

“Saat ini korban yang melaporkan baru empat-lima orang, belum banyak yang melaporankan, tapi kami yakin masih banyak korban penipuannya,” katanya.

Dari kasus ini, pelaku terjerat Undang-Undang IT Pasal 27, dengan hukuman enam tahun penjara dan Pasal 378 KUHP, dengan hukuman empat tahun penjara.

Hati2 dengan Vera Rafina Shop…. setelah melakukan penipuan sekarang ganti nama dengan Sri Devi shop…

awalnya mengaku sebagai Agus Hermawan….dan istrinya yg bernama vera.
kemudian sempet chat langsung dengan vera ketika dia sdg OL, dan mengaku suaminya bernama Fred L Manibog….

sekarang dia bilang kalo vera itu anaknya…
dan beberapa jam ini baru aja di posting foto Agus Hermawan…

This entry was posted in Internet, news. Bookmark the permalink.

18 Responses to Penipu di Internet

  1. Informasi yang bagus, semoga para penipu yg belom ditangkap segera bertobat. Dan mari kita maksimalkan internet untuk kebaikkan janganlah saling tipu. Yang normal saja udah untung ngapain mesti nipu segala.

    • Kzo says:

      hari ini saya juga dapat telfon dari tkseomlel, katanya saya memenangkan hadiah berupa yamaha mio dan voucher sebesar RP. 1.500.000,-. Bingung juga, soalnya ga pernah ikut apa2 soal undian tkseomlel. Katanya sehubungan dengan ulang tahun Telkomsel yang ke-14. Lumayan profesional sih yang nelpon, bikin qta hampir percaya. Tapi saya ga segampang itu bilang iya. Saya tanyain alamat lengkap kantornya, dia kasih seh, rencananya biar di cek, ada apa gak tu alamat. Trus dia tanyain mau di sumbangin pa gak hadiahnya? huah, macem-macem dhee .Saya langsung aja searching, nyari informasi tentang ulang tahun tkseomlel, dan ada apa gak nya acara ulang tahun tersebut di RCTI tgl 22 April 09 pkl 22.30. Ternyata negatif..Alhamdulillah, saya masi dilindungi dari penipuan yang semacam ini.Hati-hati juga buat yang baca, semoga ga gampang percaya dengan penipuan yang sekarang sudah melalui media telpon, bukan hanya lewat sms.

  2. Terimakasih infonya sangat bermanfaat. Oknum penipu seperti ini yang merusak citra pengusaha online yang benar-benar menjalankan usahanya secara jujur dan tanpa kecurangan. Pelaku penipuan di internet harus diganjar hukuman yang setimpal dengan kejahatannya supaya kapok dan segera bertaubat.

  3. Nene' Mallomo, Sidrap, Sulawesi Selatan says:

    Direktur Rumah Sakit Nene’ Mallomo, Sidrap, Sulawesi Selatan, drg Hasanani, mengaku kaget ada bawahannya berinisial AY yang terlibat penipuan melalui jejaring sosial Facebook.

    “Saya sempat tidak percaya karena anak itu terlihat pendiam, tapi memang cerdas. Memang hampir sebulan ini dia tidak masuk kerja tanpa kami ketahui alasannya,” katanya di Sidrap, Selasa (26/4/2011).

    Kini, oknum PNS di RSUD Nene’ Mallomo Pangkejene, Kabupaten Sidrap, tersebut berada di hotel prodeo Kepolisian Metro Jaya karena aksi penipuannya berada dalam wilayah kerja tersebut.

    Sementara itu, polisi Sidrap masih memburu dua rekan AY yang membantunya menipu lewat jejaring sosial Facebook. Mereka berkomplot menipu dengan sasaran terutama orang-orang di wilayah Pulau Jawa.

    Modusnya, mereka memasang iklan penjualan barang elektronik, seperti handphone dan laptop, yang relatif murah. AY memasang nomor telepon selulernya untuk meyakinkan para calon korban. Aksi terakhirnya berhasil menipu beberapa korbannya hingga mencapai Rp 14 juta.

    Menurut Kepala Unit Buru Sergap Polres Sidrap Ipda Suardi, Selasa, tersangka beberapa kali lolos dan baru dapat diringkus di Bampue, Kelurahan Ruja Pittu, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap.

    Saat itu, ia di rumah kerabatnya. Penangkapan AY dilakukan tim gabungan Polres Sidrap bersama tim dari Mabes Polri yang dipimpin AKBP Hermawan.

    “Kami mendapatkan informasi dari Kepolisian Metro Jaya terkait aksi penipuan tersangka dan berhasil membekuknya belum lama ini,” katanya.

  4. mifta says:

    Saya juga korban penipuan d tokobagus.com pd tgl 21 februari 2012. Apa yg harus saya lakuan biar uang saya kembali? Saya hanya ad bukti transfer dan sms. Penipu itu namanya achmad supriadi. No hpnya 087882328917. no rekening penipu (BRI) 301501000918504. Tlong bantu tangkap dia. Saya ingin uang saya kembali. Orang tua dan saya sedih skali atas kjadian ini. Tolong saya :(

  5. Thanks in advance dan semoga sukses! :)

  6. halo ada dan terima kasih untuk info Anda – Saya sudah pasti mengambil sesuatu yang baru dari sini Bagaimanapun, saya satu masalah teknis keahlian beberapa menggunakan situs web ini, karena saya berpengalaman untuk reload situs web banyak kali sebelumnya saya bisa mendapatkannya untuk memuat benar aku telah bertanya-tanya apakah hosting Anda OK? Bukannya aku mengeluh, tapi kasus pemuatan lesu kali sering akan mempengaruhi penempatan Anda di google dan dapat merusak kualitas skor Anda jika iklan dan pemasaran dengan Adwords Pokoknya saya menambahkan RSS ini ke email saya dan bisa melihat keluar untuk lebih banyak Anda konten menarik masing Pastikan bahwa Anda update ini lagi segera

    • Ghadah says:

      pada tanggal 1 april,saya diopteln yang mengatas namakan karyawan telkomsel,yang memberitahukan bahwa saya memenangkan undian telkomsel. orang tersebut meminta no rekening saya,awalnya saya gak percaya tetapi akhirnya no itu saya kasih tau juga,karena memangpada rekening tersebut tidak ada saldo, jadi klo misalnya dy nipu saya tidak akan rugi karena rekening itu tidak akan pernah saya gunakan. Siapapun orang tersebut saya hanya berharap untuk menghentikan aksinya karena suatu saat nanti allah akan membalasnya yang lebih dahsyat dari apa yang ia lakukan pada orang lain. Mudah-mudahan allah membukakan mata hati dan fikirannya agar kembali pada jalan yang benar. Amin

  7. Saya suka informasi berharga Anda dapat menawarkan untuk artikel Anda. Saya bisa bookmark weblog Anda dan fitur anak-anak saya uji sampai di sini umumnya. Saya sedikit positif mereka akan diberitahu cukup banyak hal baru di sini daripada orang lain!

    • Kim says:

      gw mw ikutan naabmh list nomer penipu,hehe . Nih nomernya, 081289055556 (hati-hati ye!)tadi siang, dia nelpon ke nomer nyokp gw (tp gw yg angkat,gw pura jd nyokp. hehe). Ya, kaya cerita kalian, nih org jg mengatasnamakan telkomsel, dia bilang nyokp gw berhak memenangkan 10jt plus bonus voucher 1jt. Awalnya gw surprise bgt lho, kn kalo bneran gw bs pke duitx bwt tes msuq PTN. Trz, paz gw tanya nih hadiah dalam rangka apaan, dia bilang ini santunan dri 4444 telkomsel untuk memperbaiki nama baik dan citra telkomsel yang tercemar karena maraknya penipuan (nih org sok bener ye, pdhal dia ndri ape kalo bukan penipu?) dan jg dlm rangka menyambut ultah telkomsel. Dia minta no.rek nyokp gw bwt transfer hadiah 10jt, gw ksh aje toh dia gak bisa ngapa in dgn rek itu. Trz buat mencairkan pulsa yg 1jt ntu, di nyuruh gw beli 2 lbr voucher simpati 100rb. Gw rada curiga sh, trz gw blg, yaudah, saya beli dlu voucherx, ntar mas hub saya lg. Udh gt, buru2 d gw nelpon 116, gw tanyain. Trz gw online, nyampe dah gw disini! Yah jadilah, gw ktemu kasus yg sjenis dsini. Thanks yah! Ampir aj gw kemakan omongan ntu org. Ntar klo dy nelpon lgi gw mau sumbangin aj hadiahnya ke panti asuhan. Hehe

    • Teto says:

      Adu hari ini tanggal 22 aq dapat teflon sprti diatas .mendapatkan yamaha mio alamatnya di pekanbaru undian telkomsel juga Karena Aq dah tahu aq jwb aja sepanjang2nya biar pulsanya habis .*#06# katanya itu bukti saya dapat nomor undiannya aq anak teknisi hanya tersenyum2 Kasihan buat orang2 yang pengetahuannya Rendah .Kemarin aq melihat org yang terlajur kena tipu kasihan bgt deh mereka orang yang pas2an samoai utang brp juta jadinya .tega bgt yang ngelakuin ini ada juga yang blum,,,untung ketemu aq .aq kuatin bahwa itu penipuan walaupun ttp keras .Kita doakan Saja mereka yang berbuat penipuan ini ngk bisa ngomong lagi..

  8. nandrolone says:

    Aku benar-benar ingin mengembangkan sebuah pernyataan kecil untuk mengucapkan terima kasih kepada Anda untuk beberapa rekomendasi yang luar biasa Anda menulis di website ini. Melihat internet saya cukup up telah di akhir telah diakui dengan saran yang brilian untuk pertukaran dengan tamu-tamuku. Saya akan menegaskan bahwa kita pengunjung situs sebenarnya cukup beruntung ada di sebuah komunitas yang indah dengan begitu banyak orang yang luar biasa dengan prinsip yang sangat menguntungkan. Saya merasa sangat beruntung telah menggunakan seluruh halaman web dan berharap untuk kali lebih cemerlang membaca di sini. Terima kasih sekali lagi untuk semua rincian.

    • Tilly says:

      Hmm barusan kedaijan yang sama menimpa,giliran telpon rumah gue. Modus operandi-nya sama. Nomer yang disuruh menghubungi itu nomer Flexi 32855824. Pas gue hubungi ke telkom,nomer tersebut,Ternyata adalah nomer Flexi yang bayarnya pake pulsa walah, dasar penipu. Dibilang-nya mereka itu dari kantor pusatlah.Mana telpon gak boleh dipake katanya kena roming..ampun deh ngibulnya ketahuan banget. Ketahuan juga sih kalau mereka emang nggak profesional, masa’ undian dalam rangka ultahnya telkomsel padahal hari ini (19 Mei ) bukan ultahnya telkomsel dan yang menang kok no.telp rumah, padahal Telkom dan telkomsel adalah divisi yang berbeda.Mendingan update juga kali sama orang rumah, modus operandi seperti ini biar mereka nggak gampang ditipu. Jadi, kalau disuruh telpon ke nomer tertentu, mendingan cek ke 147 dulu, sebelum telpon. Dan yang ngadepin si penipu dan jaringannya mesti tegas.Karena orang2 ini memanfaatkan ketidaktahuan informasi yang didapat oleh penghuni rumah khusunya ibu-ibu rumah tangga,pembantu,babby sitter, dlsb.

  9. escort dubai says:

    Artikel ini memberikan cahaya di mana kita dapat mengamati kenyataan.

  10. german escort dubai says:

    Hanya ingin mengatakan artikel Anda adalah sebagai mengejutkan . Kejelasan untuk sampai put Anda hanya dingin dan saya bisa berpikir Anda seorang ahli pada subjek ini . Baik bersama dengan izin Anda memungkinkan saya untuk memahami RSS feed untuk tetap up to date dengan datang dekat dekat pos . Terima kasih satu juta dan silahkan melanjutkan pekerjaan bermanfaat. salam

  11. girl escort says:

    Terima kasih banyak untuk berbagi dengan semua orang yang Anda benar-benar menyadari apa yang Anda berbicara sekitar ! Bookmarked . Silakan juga membicarakan dengan situs web saya = ) . Kita mungkin memiliki kontrak hubungan perdagangan di antara kita ! semoga sukses

  12. proviron says:

    Its Kesenangan untuk memahami blog Anda. Artikel di atas cukup luar biasa, dan aku benar-benar menikmati membaca blog Anda dan poin yang Anda dinyatakan. Saya sangat suka muncul kembali secara khas, posting banyak lainnya yang berjarak topik. Terima kasih untuk berbagi … terus menulis!

  13. sustanon 250 says:

    Banyak terima kasih untuk mengembangkan upaya untuk membahas ini, saya merasa kuat tentang hal ini dan seperti belajar lebih banyak tentang hal ini. Jika memungkinkan, karena Anda mendapatkan keahlian , akan Anda keberatan memperbarui blog.tokosmc.com memiliki banyak informasi lebih banyak ? Hal ini sangat bermanfaat bagi saya .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>