Valentine

Valentine

Mungkin kita sudah merencanakan kejutan valentine untuk pasangan kita, para sahabat kita, tapi sudahkah kita memberikannya ke orang tua kita??

Konon di jepang pernah ada tradisi membuang orang yang sudah tua ke hutan, mereka yang dibuang adalah orang tua yang sudah tidak berdaya sehingga tidak memberatkan kehidupan anak2nya.

Pada suatu hari ada seorang pemuda yang berniat membuang ibunya kehutan, karena si ibu telah lumpuh dan mulai pikun. Si pemuda tampak bergegas menyusuri hutan sambil menggendong ibunya tsb. Si ibu yang kelihatan tak berdaya berusaha menggapai setiap ranting pohon yang bisa diraihnya dan mematahkanny kemudian menaburkanny disepanjang jalan yang mereka lalui.

Sesampai didalam hutan yang sangat lebat, si anak menurunkan ibu tersebut dan mengucapkan kata perpisahan sambil berusaha menahan sedih karena ternyata dia juga tdk menyangka sanggup melakukan perbuatan ini.

Justru si ibu yang tampak tegar, dalam senyumnya dia berkata “Tidak apa apa anakku, aku sangat menyayangimu. Dari kau kecil sampai dewasa aku selalu merawatmu dengan segenap cintaku. Bahkan sampai hari ini rasa sayangku tidak berkurang sedikitpun. Tadi aku sudah menandai sepanjang jalan yang kita lewati dengan ranting2 kayu. Aku takut kau tersesat, ikutilah tanda itu agar kau selamat sampai dirumah.”

Demi mendengar kata2 tersebut, si anak menangis dengan sangat keras, kemudian langsung memeluk ibunya dan kembali menggendonya untuk membawa si ibu pulang kerumah. Pemuda tersebut akhirnya merawat ibu yang sangat mengasihinya tersebut sampai si ibu meninggal.

Pesan moral: orang tua bukan barang rongsokan yang bisa buang atau diabaikan setelah terlihat tdk berdaya. Menitipkan mereka di panti jompo, dan hanya mengunjungi jika sempat tidak jauh lebih mulia dibanding membuang mereka dihutan dan membiarkan mereka meninggal dalam kesendirian merindukan perhatian dan kasih sayang org2 yg mereka kasihi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to Valentine

  1. Pingback: Tweets that mention Valentine | Blog Toko SMC -- Topsy.com

  2. dendriarsa says:

    Sangat berlainan dengan tradisi orang eskimo, anak sulung di sana punya kewajiban untuk mengeluarkan ayahnya yang sudah jompo dari iglo, menggendongnya dan membuang sang ayah ke tempat terpencil hingga maut menjemputnya.

    Sang ayah akan sangat marah dan menuduh sang anak sebagai anak durhaka jika anak sulungnya tidak melaksanakan kewajibannya ini.

  3. coz says:

    dimasa tua seorang ibu semsestinya dirawat oleh anak2nya. thask postinya yang bagus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>