Teror SMS

Teror SMS!

Pernah dapat pesan layanan singkat (SMS) seperti ini? ”Perlu dana atau kredit? Proses cepat, bunga ringan, tanpa agunan. Hubungi saya, resmi dari bank X. Telepon: …”. Atau SMS semacam ini: ”Kredit tanpa agunan. Cepat, mudah, bunga ringan. Bisa sampai 100 juta. Telepon Y di …”.

Pesan singkat semacam itu datang tak kenal waktu. Pagi hari, saat kita bangun tidur, SMS sudah masuk ke telepon seluler kita. Atau malam hari, saat kita sudah nyaris terlelap, SMS serupa juga masuk. Siang hari saat ponsel di laci meja karena kita sedang sibuk berkutat dengan tugas kantor, SMS semacam itu juga bisa mengganggu. Nyaris sepanjang waktu. Meresahkan, bagaikan teror!

Bahkan, seorang bankir berkisah, ”Saya pernah menerima SMS serupa. Saya diamkan saja. Lha, saya kerja di Bank X, masak dapat tawaran dari Bank X?” kata bankir itu tergelak. Seorang pegawai di lembaga keuangan sudah menemukan cara menghentikan SMS yang menerornya itu. ”Saya kirim balik SMS itu ke dia. Tidak cukup sekali, tapi 50 kali! Akhirnya dia tidak lagi mengirim SMS seperti itu ke saya,” ujarnya dengan nada puas.

Bank Indonesia (BI) tak menutup mata dengan resahnya publik akibat teror SMS seperti itu. Sejak akhir Januari 2011, BI menyediakan nomor pengaduan melalui 085888509797 di Bagian Hubungan Masyarakat dan Direktorat Investigasi Mediasi Perbankan. Masyarakat dapat mengirimkan SMS tawaran kredit itu ke nomor pengaduan BI.

Kepala Biro Humas BI Difi A Johansyah di Jakarta, Selasa (8/3), menyebutkan, sampai dengan pertengahan Februari lalu, sudah 11.500 SMS tawaran yang diadukan masyarakat ke BI. Sayangnya, hanya 15 persen yang menyebutkan nama bank. Sebagian besar justru nomor telepon pribadi. BI, kata Difi, sudah menegur bank yang bersangkutan. Setidaknya, dua bank asing menduduki peringkat atas laporan masyarakat.

Ketua Asosiasi Kartu Kredit Indonesia Dodit Wiweko Probojakti mengakui, memang ada pihak yang menggunakan SMS semacam itu untuk menawarkan kredit. Namun, Dodit, yang juga menjabat General Manager BNI Card Center, menyatakan, tidak semua bank menawarkan kredit tanpa agunan.

Mengingat urusan ini juga bersentuhan dengan wilayah telekomunikasi, ada baiknya BI berkoordinasi dengan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia. Lalu membuat kebijakan bersama gangguan SMS ini dapat dihentikan. Tujuannya, nasabah nyaman dan tenang. Tak lagi merasa diteror.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

35 Responses to Teror SMS

  1. jamal says:

    benar, bahkan tidak hanya tawaran-tawaran spt itu saja, bisnis-bisnis yang seharus nya di promosilam via internet sekarang sudah menteror pengguna2 hp dengan sms2 penawaran produk/bisnis. Mereka tidak mikir, apakah senang atau tidak orang yang mendapat sms spt itu, sedang istirahat dan lain sebagai nya, Sungguh sangat mengganggu,,,

  2. sugiyan.eka says:

    Pak Lukas, sudah ada action nyata yg BI ambil berkaitan hal ini?
    Lain dari itu, memang kadang “SMS tersebut” bikin ga enak dipenerimanya, tapi apakah itu menyalahi aturan yang berlaku…..?
    Bukankah hal tersebut bagian dari marketing?
    Menurut saya hal ini bisa diidentikan dengan “datangnya sales force” produk tertentu ke rumah kita, mereka datang tanpa kita undang….,kadang memang waktunya tidak pas, tapi kadang ada juga yg pas (bikin tuan rumah merasa senang dgn kedatangan mereka).
    Ya..memang kadang kita temui cara-cara sales person “menginformasikan” produk mereka terkesan “menyudutkan orang yg diprospektifkan” untuk membeli produk mereka….dgn cerita…..kalau terjadi sesuatu maka produk ini bisa memberikan benefit kepada keturunan yg ditinggalkan dan bla…bla…..
    Bahkan temen saya bilang sambil bercanda…”Kartu pengenal sales/marketing tertentu” sangat bermanfaat saat kita ditilang, tidak usah SIM yg kita unjukan, tapi “tunjukan kartu tersebut” maka sipenilang akan lari terbirit-birit karena tidak mau diprospek…haa…haaa….
    Joke itu menggambarkan ketidak senangan seseorang terhdapa kedatangan si punya “kartu identitas” tersebut, ….tapi dilain pihak ternyata produk mereka laku, hal ini terlihat dari tingginya laba institusi/company yang mengeluarkan kartu tersebut……

  3. paulus BW says:

    SMS ini sebenarnya didukung oleh Bank2 yang menyalurkan kredit.
    Bank2 di INA lebih senang menyalurkan kredit Konsumeris dari pada kredit investasi.
    Ini kebijakan yang merusk moral bangsa.
    Manusia dibuat jadi rakus dan rakus yang pada akhirnya akan menjadi koruptor.
    pb

    • Helene says:

      Using Firefox 3.5.9 on Windows XPhohohohh, saya nulis di blog kanera saya mau, kanera apa yg ada diotak saya buat dijadikan arsip tuk anak cucu (haaalahhhh) klo ada yg protes cuek aja beibeehhh

  4. Naswil Idris says:

    Kalau kita terima SMS iklan hampir 2 jam sekali, malas rasanya buka HP, krn isinya itu2 juga. Pd hal kadang2 ada SMS yg penting dan segera perlu action, tapi terabaikan

  5. Ardi Sutedja K., CISA,CISRM/NSA-IAC says:

    Memang SANGAT MENGHERANKAN yang begini nggak diurusin, padahal juga membahayakan kehidupan bangsa dan bisa membuat bangsa ini menjadi gila terteror disuruh berhutang!

    Salam,
    Ardi

  6. paulus BW says:

    Sepertinya perlu ada aturan pemerintah yang melarang melakukan promosi dengan cara SMS ini dan kalau dilakukan, maka pelakunya bisa dikenakan sangsi pidana dan yang mendapat sms tersebut bisa menuntut ganti rugi senilai 500 juta atau 1 milyar atau hukuman kurungan selama 5 tahun di kandang kucing.
    salam,
    pb

  7. bambang_koco says:

    Apakah ini bisa dikatagorikan rencana penipuan dan kalau diadukan apakah pihak BI bisa menangkap orangnya? Saya sering di tawari KTA via telp. Nanti dia minta data kita seperti KTP dan alamat rumah. Tapi gak pernah saya tangapi

  8. @alim says:

    saya pernah kasus undian supermarket…dan mengatas nama supermarket tsb. Padahal undian tsb sudah lewat. dan saya lapor ke supermarket tsb dan tidak ditangkapi dan saya kesal dan saya bilang koq kupon yg saya isi bisa jatuh ke org penjahat. Seharusnya supermarket bertanggungjawab. dan saya lapor ke manager. Dan suruh hubungi ke bagian pelaksanaan pihak ketiga. dan saya hubungi dan saya kesal juga ngak tanggungjawab. dan suruh saya hubungi polisi. dan saya hubungi polisi dijawab bahwa tidak bisa ditangkap karena belum terjadi PENIPUAN dan saya bilang surat dari PENIPU masa ngak bisa. Kan disitu ada no. telp yg dpt dihubungi.

    intinya kesal dan PENIPU dibiarin berkeliaran begitu saja. surat TSB saya dpt 2 kali.

  9. DM says:

    Ya saya mengalaminya….saya memakai kartu Pro XL….
    setiap hari saya bisa menerima 4 sampai 5 sms yang demikian sehari….
    sehingga untuk sementara saya tidak memakai nomor saya tersebut….

    tapi yang jeleknya, jika saya mengaktifkan nomor saya itu, untuk mengecek sms yang masuk, maka SMS itu ada juga yang masuk…agak berkurang memang, sekitar 2 sampai 3 sms…..
    sungguh sangat menyusahkan saya……

    DM

    • Milla says:

      Using Firefox 3.0.19 on Windows XPwah, quote yg pertama itu bagus bagent.kalo ga salah pernah liat kamu nulis quote itu di twitter ya, nak? ayo, keluarkan semua draft-draft mu yg masih tersembunyi itu!santai aja lah, nak jangan terbebani dgn blog sendiri.

  10. ody says:

    Bisa menghubungi CSO operator ybs, untuk minta agar nomor tersebut diblokir.
    Pernah ada nomor axis meneror saya dg sms, benar2 teror, isi yg sama dikirim 100x tiap kiriman, dari sore hingga malam bisa total 300-400 sms. Akhirnya setelah menelpon CSO axis, mbak2 operatornya menjanjikan akan menindaklanjuti, dan sekarang saya sudah bebas dari teror tsb.

  11. online di YM says:

    itu sih karena ada jasa pengiriman SMS masal sekarang ini .. padahal promosi via SPAM SMS begitu .. SMS nya langsung di delete orang .. dan kalau buat yang ngerti ( seperti semua yang ada di blok Toko SMC ini ) .. bisa aja kita spam balik itu nomor yang disuruh hubungi … biar kapok :d .. tapi ini namanya black hat .. memang harusnya pemerintah melarang jasa penyebaran sms massal .. kalau dilarang aja banyak .. aplagi gak dilarang … tul ?

  12. Trust says:

    Cape juga sih, ditelpon / di sms ditawari KTA. Rasanya dalam 1 hari, bisa berkali-kali. Dan anehnya, mereka cepet sekali tau info tentang kita. Apalagi kalau penggunaan Kartu Kredit tergolong aktif, makin sering deh kita di teror :D

    Apa mesti sering2 ganti nomor kali yeee, biar gak diteror…. wkwkwkwkwk

  13. deky says:

    wah saya belum pernah kena sms gitu. ada juga sms tentang mama perlu pulsa, tolong isikan ke nomor mama yg baru, cepeten y soalnya mama lagi buru2.

    saat itu karena saya dalam keadaan stress kerjaan, saya langsung aja isi in tuh pulsa 50rb

    untung saja gak kena 2x.

    Kalo teror gt sih, saya silent aja dah. mang ganggu cuma saya lihat sisi positip aja, cari uang mang susah2 gampang, perlu kreatif, salah satunya ini, cuma caranya aja kurang bijaksana sampai menggangu org.

    Deky

  14. vip says:

    mmmh, itu bagian dari marketing. saya setuju!
    coba anda berpikir dari sisi pengirim, bukankah itu marketing yg menarik? murah meriah. kita harus bisa melihat dari 2 sisi. selain kerugian, juga keuntungan.
    jika dapat sms; buka, baca. bermanfaat, simpan. tidak bermanfaat, hapus. tidak ikhlas, balas sms agar tidak mengirim sms serupa tapi dg nada sopan.

  15. saya dukung says:

    setuju bro, kalo ada yg sms apalagi telepon ngga jelas nawarin kartu kredit,agunan,pinjaman atau asuransi mending dilaporkan aja ya biar lebih tertib. mau yang berasal dari individu maupun perbankan

    Agronomey Berkahyati

  16. Leexy says:

    Saya juga pernah terima SMS per. tanggal 17 Mei 2010 dari nomor Ponsel 0818-129123 “PROMO HADIAH ” Rp.100jt ” utk pemilik no.08********* Resmi menang Rp.15jt di undi smlm di ANTV utk info hub CS CENTER jkrt: 021 32225187 021 32225197″ terkirim pk.18:29:30

    Ternyata setelah ditelpon ke CS ybs, hanya berita bohon belaka, So, hati2 dengan nomor2 diatas ini..

  17. saya dukung says:

    Sering ßαΩgεt di nomor esia aku tuhh….kadang2 bikin bt juga….lagi meeting bunyi ϑäπ itu berkali2 dari nomor ♈ªήƍ berbeda2….

    FeRa

  18. saya dukung says:

    Ya tul!! sy jg sering banget dpt sms bank gini, mengganggu!! pdhl kdg klu lg meeting, or lg nunggu pesan dari org, trganggu dg sms junkis beginian!!

  19. saya dukung says:

    Akhirnya ada juga tempat pengaduan…. moga2 bikin jerah deh parah peneror KTA dan Kartu Kredit.

  20. saya dukung says:

    pak..
    santai aja ..
    klo dapet SMS seperti itu … tinggal tekan tombol delete .. aman ..

    mungkin yg perlu dilihat adalah “nomer pengirim”
    karena dengan canggihnya teknologi sekarang, sebuah modem dan kartu selular (terutama dengan nomer awal 0838xxxx) dapat melakukan yang disebut SMS CASTER yaitu mengiirm lebih dari 200 sms hanya dalam waktu 30 menit …

    mengenai dari mana nomernya??
    ya pasti dapet dari provider nya lah (oknum provider)… mana mungkin dia tau siapa2 saja yang pakai Paska bayar .. dan siapa yang para bayar..
    mereka yang pakai pra bayar nggak akan dikirim sms pinjaman dana tunai ..

    bgicuuuuuuu
    santai…
    delete .. selesai

    tabek NP

    s4y n0 2 dr4g5

  21. saya dukung says:

    Sudah lama saya terima sms sejenis tapi saya abaikan saja. Mungkin mereka dapatkan nomor saya karena pernah pasang iklan atau mungkin dari sumber lain. Jadi memang paling gampang tinggal “delete” saja

    Salam

  22. agus says:

    busyet deh…
    jangan pake hp, pake program dong.
    Lagian sekarang khan ada yg kasih sms sangat murah.

  23. soexs says:

    Mungkin sy merupakan orang pertama yg melaporkan teror SMS Ke pihak BI.tentunya begitu BI mempublikasikan nomor HP maupun sms pengaduan,

    Namun semua itu tak berguna,alias omong kosong,hingga hari ini sy masih sj menerima sms teror tersebut.

    Sedangkan pihak BI tak pernah mengumumkan sdh berapa pelaku teror. Sms yg ditindak.

    • Amal says:

      Using Firefox 3.6 on Windows XPviva idle time!masi mending udah mksiaun lamaran2 thie, aku malah masi leha2 dan kalo ditanyain, udah ngelamar kemana aja? jawabnya, blom kmana2, masi menikmati hidup. hahaha dan kemudian pasti pertanyaannya, nunggu dilamar ya? wogh cari kebaya ke bengkulu niat bener btw, ntar nyalon dimana ya? *masi ga niat wisuda*

  24. herry says:

    Beli di mana y ?
    Ada cp ?
    Sering dpt sehari min 5 – 10 sms

  25. heny says:

    Iya nih aku juga sama dalam sehari bisa dikirim lebih dari 5 kali… ?? Makanya aku silent trus berisik gak kenal waktu… Sdh complain ke provider juga..

  26. john says:

    Brother and Sist, kalau mau pinjam tanpa bunga dan tanpa agunan Kirim SMS ke 9949 aja. INGAT TIDAK ADA AGUNAN DAN TIDAK ADA BUNGA

  27. heny says:

    Sepertinya semua pihak yg terkait dengan hal ini memang ga peduli ya..

    Kalau saya lebih khawatir,seandainya para marketing itu tak hanya tahu no hp aktif kita,gak mustahil mereka juga tau nama ibu kandung kita,tempat tgl lahir,alamat kerja,no telp rumah,alamat kantor,nama pasangan (suami/istri),alamat rumah.

    Yang lebih mengerikan lagi,seandainya ada yg berniat jahat utk menjebol limit kartu kredit kita,dgn meminta no pin ke bank penerbit.toh verifikasi bank hanya dgn mencocokkan data2 kita tsb.

    Oohhh..gelap deh,kalo mikir begini-an,secara saya menggunakan kartu kredit hanya utk preventif dana darurat aja..

    Cheers,

    »Titi«

  28. heny says:

    Kalo aku sih percayanya sama bank, pihak bank yg kasih database ke marketingnya masing2 dan sesama marketing saling tukar informasi.

  29. heny says:

    Saya juga pernah terima SMS per. tanggal 17 Mei 2010 dari nomor Ponsel 0818-129123 “PROMO HADIAH ” Rp.100jt ” utk pemilik no.08********* Resmi menang Rp.15jt di undi smlm di ANTV utk info hub CS CENTER jkrt: 021 32225187 – 021 32225197″ terkirim pk.18:29:30

    Ternyata setelah ditelpon ke CS ybs, hanya berita bohon belaka, So, hati2 dengan nomor2 diatas ini..

  30. edy says:

    kacrut bgt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>